Download Aplikasi APK, Spesifikasi dan Harga Gadget, Tutorial Android Indonesia, Tips Trik Android Gratis, Reviews Aplikasi Android.

Cara Memperbaiki Google Play Store Error di Android

Daftar Kesalahan Google Play Store dan Cara Memperbaikinya | Cara Memperbaiki Google Play Store Error di Android | Ketika Anda membaca postingan ini, saya asumsikan bahwa Anda mengalami masalah ketika menginstal aplikasi dari Google Play Store untuk perangkat Android Anda. Seperti yang kita ketahui, Google Play Store adalah toko aplikasi terbesar bagi pengguna Android. Anda dapat menemukan berbagai macam aplikasi dan games dari yang gratis sampai yang berbayar disini.

Namun Di sisi lain, banyak pengguna Android sering mengeluh tentang menerima banyak kesalahan aneh ketika mencoba untuk menginstal aplikasi dari Google Play Store. Alasan untuk kesalahan ini banyak dan Google memetakan kode unik untuk kesalahan ini untuk pelaporan yang mudah dan memecahkan masalah ini.

Cara Memperbaiki Google Play Store Error di Android

Hari ini, saya telah berhasil membuat beberapa daftar "kesalahan Google Play Store" yang paling banyak dilaporkan dan solusi sederhana untuk menyelesaikannya. Perbaikan yang terdaftar bersifat universal dan harus bekerja pada perangkat Android terlepas dari versi Android. Jadi, tanpa basa-basi, mari kita lihat bagaimana cara untuk memperbaiki kesalahan Google Play Store pada perangkat Android.

Perbaiki Kesalahan Google Play Store

Kesalahan Google Play Store dapat diidentifikasi dengan menggunakan kode kesalahan unik atau pesan kesalahan. Kami telah memberikan daftar pesan kesalahan dan kode kesalahan yang akan membantu Anda menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah Anda dengan cepat.

Unfortunately Google Play Store has Stopped Error

"Sayangnya Google Play Store telah berhenti" adalah salah satu kesalahan yang paling sering ditemui pada perangkat Android. Masalah ini mungkin muncul karena berbagai alasan dan oleh karena itu, Anda mungkin perlu mencoba beberapa solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Kemungkinan Penyebab Error

  1. Part-installed apps : sesuatu yang tidak beres saat menginstal sebuah aplikasi.
  2. /Mnt/sdcard penuh.
  3. Data aplikasi rusak.
  4. Binari rusak.

Fix 1: Hapus Aplikasi & Free Space

Jika Anda telah menginstal terlalu banyak aplikasi pada perangkat Anda, memori perangkat Anda mungkin penuh dan mungkin menyebabkan aplikasi Play Store berhenti berfungsi atau mengakibatkan gagal download aplikasi. Untuk memperbaiki masalah ini, cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi dan data.

Fix 2: Nonaktifkan Play Store, Hapus Data dan Cache

Sekarang inilah perbaikan yang paling umum dilakukan oleh pengguna Android untuk memperbaiki pesan error "Sayangnya Google Play Store telah berhenti".
  1. Buka Pengaturan perangkat Anda.
  2. Sekarang cari Apps / Aplikasi dalam menu Settings dan tekan itu.
  3. Geser halaman aplikasi dari kanan ke kiri untuk melihat daftar semua aplikasi yang hadir pada perangkat Anda.
  4. Sekarang gulir ke bawah, lalu temukan Google Play Store, lalu tap.

  5. Setting Android

  6. Pada halaman App Info, tekan Clear cache, lalu Force Stop dan kemudian tombol Disable. Jika Anda melihat pilihan update Uninstall, biarkan uninstall dan kemudian restart aplikasi. Reboot perangkat Anda dan periksa apakah kesalahan sudah terselesaikan.
Jika masalah masih berlanjut, buka Setting » Apps » All » Google Play Store lagi dan tekan pilihan Clear data. Lalu Reboot perangkat.

Fix 3: Ganti Akun Google Anda

Apakah Anda masih melihat masalah "Sayangnya Google Play Store telah berhenti"? Coba lakukan tutorial dibawah ini.
  1. Buka Settings => Accounts & sync => Google.
  2. Tekan ID Google mail Anda.
  3. Sekarang tekan ikon menu 3-Dot di bagian atas layar (pada perangkat Samsung, tekan tombol Menu) dan pilih Remove Account.
  4. Sekarang kembali dan jalankan aplikasi Google Play Store.
  5. Masuk dengan akun Google Anda saat diminta.
Selesai!

Fix 4: Instal Ulang Google Play Services

Kadang-kadang, kesalahan "Sayangnya Google Play Store  telah berhenti" disebabkan oleh layanan binari Google Play Store yang rusak. Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan menghapus data aplikasi dari Settings » Apps » Google Play Services, atau dengan menginstal ulang aplikasi.

Fix 5: Flash Google Apps

Jika Anda menggunakan CM, AOSP, AOKP, Omni, Slim atau kustom ROM lain di ponsel atau tablet dan mendapati masalah "Sayangnya Google Play Store telah berhenti", Anda harus mencari (aplikasi Google) flashable zip GAPPS terbaru berdasarkan versi ROM Android Anda.

Kami sarankan untuk menginstal paket GAPPS yang direkomendasikan atau disediakan oleh pengembang ROM. Setelah di download, flash/install menggunakan CWM / TWRP / Philz recovery, dan reboot perangkat Anda.

Kesalahan 403 Google Play Store 

Anda mungkin telah menemui kesalahan ini yang mengatakan "The download is impossible and the request is forbidden". Kesalahan ini mungkin disebabkan karena beberapa masalah, tetapi di bawah beberapa solusi untuk memperbaikinya.

Fix:
  1. Coba hapus satu akun Google, jika Anda menggunakan dua account pada perangkat yang sama dan hapus riwayat pencarian Google Play juga. Sekarang cobalah download lagi untuk melihat apakah masalah masih tetap ada.
  2. Coba gunakan akun Google alternatif untuk men-download aplikasi, jika bekerja, coba tambahkan account sebelumnya lagi dan reboot perangkat.
Mungkin juga karena pengaturan proxy yang buruk, cobalah membersihkan atau kembali memasuki proxy ponsel Anda koneksi data / WiFi dari pengaturan.

Kesalahan 491 Google Play Store 

Peringatan ini terjadi karena data aplikasi Google Services korup atau mungkin karena beberapa masalah dengan akun Google. Kesalahan akan memberikan pesan "Downloads dan updates impossible".

Fix:
  1. Hapus akun Google Anda dengan pergi ke Settings » Account » Google. Tekan Remove Account. Reboot Android Anda dan tambahkan akun sekali lagi. Selanjutnya, dalam pengaturan, pergi ke Apps (Aplikasi) dan swipe untuk menemukan 'Semua' aplikasi Anda. Gulir ke bawah ke Google Services, lalu klik Clear Data dan Force Close.

Kesalahan 492 Google Play Store 

Ini adalah salah satu kesalahan yang mungkin Anda alami. Kesalahan akan memberikan pesan "It’s impossible to install an application due to the Dalvik cache".

Fix:
  1. Buka System App Setting dan arahkan ke Apps » All » Google Play Store » Clear data dan force stop. Sekarang, clear data dari Google Services Framework juga.
  2. Jika masalah terus berlanjut, Anda dapat menggunakan Custom Recovery atau menggunakan aplikasi yang dapat membersihkan Dalvik Cache. Hal ini tidak akan menghapus data pribadi atau aplikasi, sehingga aman untuk dilakukan.

Kesalahan 495 Google Play Store 

Kesalahan 495 Google Play Store memberikan pesan kesalahan "Problem downloading or updating apps from Play Store" yang akan menyebabkan masalah saat Anda mencoba untuk men-download atau memperbarui aplikasi dari toko aplikasi Play pada perangkat Anda.

Fix:
  1. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menghapus Google Play Store dan data setting Google Services Framework. Untuk melakukan hal ini, buka Settings dan arahkan ke Apps » All » Google Play Store » Clear Data. Sekarang, hapus data dari Google Services Framework juga. Ini akan menetapkan ID Google baru untuk perangkat Anda, sehingga aplikasi Anda mungkin bertindak sedikit miring untuk beberapa waktu tetapi ini tidak akan menjadi masalah permanen.
  2. Setelah clear data Anda, hapus akun Google Anda pada perangkat dan reboot. Tautkan akun Google Anda lagi dalam Settings » Account » Add Account » Google Account. Sekarang Anda dapat men-download atau memperbarui aplikasi dari Google Play Store.

Error 498 Google Play Store

Kesalahan ini terjadi bila partisi cache perangkat Anda penuh yang menyebabkan sering gangguan download dari Google Play Store.

Fix:
  1. Hapus aplikasi yang tidak perlu dan file yang terkait, jangan lupa juga untuk membersihkan cache pada setiap aplikasi individu.
  2. Anda juga dapat membersihkan seluruh partisi cache dengan me-reboot ke mode recovery dan memformat partisi Cache. Operasi ini tidak menghapus aplikasi data atau file pribadi.

Kesalahan 941 Google Play Store

Kadang-kadang, Anda akan melihat kesalahan 941 saat memperbarui aplikasi dari Play Store. Hal ini disebabkan beberapa Interupsi selama update yang akan terus menghentikan Anda dari memperbarui aplikasi.

Fix:
  1. Buka Settings » Apps » All » Google Play Store lalu Clear cache dan data.
  2. Selanjutnya, buka Download Manager dan lakukan clear cache dan data untuk itu juga. Sekarang coba untuk memperbarui aplikasi lagi dan Anda akan melihat aplikasi download tanpa masalah, jika Anda menghadapi masalah apapun, reboot perangkat dan mencoba memperbarui lagi.

Kesalahan 504 Google Play Store

Kesalahan 504 akan menunjukkan pesan kesalahan "App could not be downloaded due to an error ", yang terjadi lebih sering pada perangkat Android, clear cache dan data akan memperbaiki masalah ini.

Fix:
  1. Buka Settings » Apps » All » Google Play Store » Clear Data. Sekarang, hapus data Google Services Framework juga.
  2. Coba download aplikasi lagi setelah reboot perangkat.

Kesalahan 921 Google Play Store

Dalam kasus kesalahan 921, Anda tidak dapat men-download aplikasi dari Play Store.

Fix:
  1. Hapus cache aplikasi Google Play Store dari pengaturan aplikasi. Coba download aplikasi apapun dari Play Store.
  2. Jika ini tidak berhasil, clear app data Play Store, tapi ingat bahwa ini akan menghapus semua pengaturan yang telah Anda buat sebelumnya.
  3. Anda juga dapat mencoba menghapus akun Google Anda, restart perangkat dan menambahkannya lagi.

Kesalahan 927 Google Play Store 

Saya kira sebagian besar pengguna Android mungkin telah melihat kesalahan ini saat menggunakan Google Play Store. Kesalahan akan menampilkan pesan "The download is impossible because an update of the Play Store is in progress".

Fix:
  1. Hal ini biasanya disebabkan oleh Play Store atau Google memperbarui layanan di latar belakang yang sementara akan menghentikan download aplikasi. Tunggu beberapa menit dan melihat apakah baik-baik saja, coba juga untuk menghentikan Google Play Store dan Google Play Services.

Insufficient Storage Available error 

Sebagian besar pengguna Android memiliki masalah yang sama yaitu penyimpanan yang terbatas. Peringatan ini cukup jelas, Anda memiliki banyak aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda yang mengkonsumsi semua penyimpanan aplikasi Anda.

Fix:
  1. Yang paling mudah adalah dengan menguninstall beberapa aplikasi yang tidak perlu. Ini akan membersihkan beberapa ruang pada perangkat Anda.
  2. Jika kesalahan masih terjadi, coba download aplikasi App2SD dan pindahkan beberapa aplikasi ke penyimpanan eksternal.
  3. Cobalah menghapus data aplikasi yang tidak perlu menggunakan aplikasi pembersih sampah.
Ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan Google Play Store, jika Anda telah mengamati kesalahan lain atau tahu cara perbaikan lainnya, jangan sungkan untuk berbagi dengan kami dengan berkomentar dibawah. Terima kasih.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
loading...
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Google Play Store Error di Android


Advertisement