Download Aplikasi APK, Spesifikasi dan Harga Gadget, Tutorial Android Indonesia, Tips Trik Android Gratis, Reviews Aplikasi Android.

Cara Install Custom ROM dengan ROM Manager

Cara Install Custom ROM dengan ROM Manager | Instalasi Custom ROM adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hasil maksimal dari ponsel Android Anda, tetapi Anda perlu menemukan Custom ROM yang tepat untuk perangkat Anda. Selain itu, Anda harus tau 5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Install Custom ROM. Setelah Anda menemukan Custom ROM yang tepat untuk kebutuhan Anda. Langkah selanjutnya adalah menginstal pada perangkat Android Anda.

Ada berbagai cara untuk menginstal Custom ROM pada ponsel Android, seperti flashing dalam modus recovery atau menggunakan sebuah aplikasi, tapi cara termudah adalah melalui sebuah aplikasi yang disebut 'ROM Manager'.

Cara Install Custom ROM dengan ROM Manager

ROM Manager adalah aplikasi yang harus dimiliki oleh pengguna Android roooted yang suka bermain-main dengan ROM perangkat mereka. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk flashing menggunakan custom recovery ClockworkMod terbaru. Selain untuk install Custom ROM, ROM Manager juga dapat Anda gunakan untuk membackup ROM perangkat Anda.

Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ROM Manager ini, ponsel Anda harus sudah di root. Jika ponsel Anda belum di root, maka root terlebih dahulu. Untuk cara root Android, Anda dapat menemukannya pada daftar artikel dibawah ini.
ROM Manager Ini memiliki dua versi yakni versi gratis dan premium. Versi premium memiliki fitur tambahan seperti backup otomatis, terhubung dengan web dan tambahan ROM yang dapat Anda download.

Cara Menginstal ROM kustom menggunakan ROM Manajer

  1. Pertama, download dan install aplikasi ROM Manager di ponsel Android Anda.
  2. Setelah menginstal, jalankan aplikasi dan dari menu utama, tekan 'Flash ClockworkMod Recovery'.

  3. ROM Manager Apps

  4. Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi model ponsel Anda. Pilih model ponsel Anda dan ponsel Anda akan reboot dan flash CWM.
  5. Sekarang, sebelum Anda lanjut menginstal ROM kustom, saya sarankan Anda untuk membuat cadangan ROM Anda saat ini. Untuk melakukan itu, tekan pada 'Backup ROM Now'.

  6. Backup ROM Manager

  7. Berikan nama file backup Anda dan kemudian klik OK.

  8. ROM Manager_1

  9. Anda akan diminta untuk memungkinkan ROM Manajer mengakses superuser, tekan 'Allow' untuk memberikan izin. Proses backup dapat mengambil sedikit waktu, jadi bersabarlah sedikit.
  10. Setelah selesai, buka kembali aplikasi ROM Manager dan tekan pada 'Install ROM from SD Card'

  11. ROM Manager_2

  12. Cari folder tempat Anda meletakkan file .zip. Selanjutnya Anda akan melihat pop up muncul dengan tiga pilihan seperti gambar di bawah ini.

  13. ROM Manager_3

  14. Centang 'Wipe Data and Cache' dan 'Wipe Dalvik', dan kemudian klik OK
  15. Sekarang, ponsel Anda akan reboot dan mulai menginstal Custom ROM. Ini mungkin memerlukan sedikit waktu, kadang-kadang sampai 15 menit, jadi bersabarlah dan jangan panik jika perangkat terlihat seperti dibekukan.
  16. Setelah ponsel selesai boot, Anda akan diminta untuk memasukkan rincian akun Google Anda. Selamat, Anda telah berhasil menginstal ROM baru dan Anda sekarang memiliki ROM baru untuk dieksplorasi!
Itulah Cara Install Custom ROM dengan ROM Manager. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang berencana untuk Menginstall Custom ROM dengan cara yang mudah. Jika Ada kendala saat menggunakan aplikasi ROM Manager, jangan sungkan untuk berkomentar melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
loading...
Tags :

Related : Cara Install Custom ROM dengan ROM Manager


Advertisement